Thursday, February 23, 2012

Tips Membersihkan dan Merawat Bahan Suede


Tips Membersihkan dan Merawat Bahan Suede

1. Gunakan suede protector
Semprotkan suede protector secara merata pada sepatu atau tas Anda untuk melindungi dari debu dan kotoran. Dimana membelinya? Suede protector banyak tersedia di toko-toko sepatu.



2. Karet penghapus
Jika debu terlanjur menempel, karet penghapus yang biasa kita gunakan untuk menghapus tulisan pensil ternyata bisa digunakan lho! Untuk menghilangkan debu tersebut, gosok secara merata, searah dan secara halus. Cara ini efektif untuk membersihkan noda ringan.

3. Penyedot debu
Penyedot debu adalah opsi untuk menghilangkan debu kering yang membuat warna kusam.



4. Sikat gigi dan air
Sikat gigi bekas dapat digunakan untuk noda yang terlanjur menempel, seperti lumpur atau cipratan minuman yang tumpah. Caranya, basahi sikat dan gosokkan searah pada noda. Untuk mengeringkannya, letakkan bahan suede pada kipas angin. Jangan sekali-kali menjemur sepatu Anda di bawah sinar matahari, supaya warnanya tidak mudah pudar.



5. Suede cleaner
Bila noda yang ada tidak bisa dihilangkan dengan keempat cara di atas, semprotkan suede cleaner dan sikatlah bagian yang disemprot.



6. Jaga bentuk sepatu dan kelembabannya
Setelah dibersihkan dan dirasa tidak akan dipakai dalam waktu yang lama, sebaiknya masukkan sepatu/tas ke kotak sepatu dan masukkan gumpalan koran ke dalamnya agar bentuk tetap terjaga. Alternatif lainnya, masukkan silica gel dan kapur barus pada kotak agar kelembaban dan baunya terjaga. Hal ini juga bisa mencegah masuknya serangga ke dalam sepatu.




0 komentar:

Post a Comment